#under_header{ margin:10px 0; padding:1%; width:98%; }

Senin, 02 Maret 2015

POLA HIDUP SEHAT DAN BERKECUKUPAN

SUB TEMA 1 : MENGHARGAI DAN MENGHORMATI TUBUH SEBAGAI ANUGERAH ALLAH
                            Hubungan Pribadi dengan Allah

Teks Alkitab : 1 Kor 15 : 35-49
1Kor 15:35 
Tetapi mungkin ada orang yang bertanya: "Bagaimanakah orang mati dibangkitkan? Dan dengan tubuh apakah mereka akan datang kembali?"
  1Kor 15:36 
Hai orang bodoh! Apa yang engkau sendiri taburkan, tidak akan tumbuh dan hidup, kalau ia tidak mati dahulu.
  1Kor 15:37 
Dan yang engkau taburkan bukanlah tubuh tanaman yang akan tumbuh, tetapi biji yang tidak berkulit, umpamanya biji gandum atau biji lain.
  1Kor 15:38 
Tetapi Allah memberikan kepadanya suatu tubuh, seperti yang dikehendaki-Nya: Ia memberikan kepada tiap-tiap biji tubuhnya sendiri.
  1Kor 15:39 
Bukan semua daging sama: daging manusia lain dari pada daging binatang, lain dari pada daging burung, lain dari pada daging ikan.
  1Kor 15:40 
Ada tubuh sorgawi dan ada tubuh duniawi, tetapi kemuliaan tubuh sorgawi lain dari pada kemuliaan tubuh duniawi.
  1Kor 15:41 
Kemuliaan matahari lain dari pada kemuliaan bulan, dan kemuliaan bulan lain dari pada kemuliaan bintang-bintang, dan kemuliaan bintang yang satu berbeda dengan kemuliaan bintang yang lain.
  1Kor 15:42 
Demikianlah pula halnya dengan kebangkitan orang mati. Ditaburkan dalam kebinasaan, dibangkitkan dalam ketidakbinasaan.
  1Kor 15:43 
Ditaburkan dalam kehinaan, dibangkitkan dalam kemuliaan. Ditaburkan dalam kelemahan, dibangkitkan dalam kekuatan.
  1Kor 15:44 
Yang ditaburkan adalah tubuh alamiah, yang dibangkitkan adalah tubuh rohaniah. Jika ada tubuh alamiah, maka ada pula tubuh rohaniah.
  1Kor 15:45 
Seperti ada tertulis: "Manusia pertama, Adam menjadi makhluk yang hidup", tetapi Adam yang akhir menjadi roh yang menghidupkan.
  1Kor 15:46 
Tetapi yang mula-mula datang bukanlah yang rohaniah, tetapi yang alamiah; kemudian barulah datang yang rohaniah.
  1Kor 15:47 
Manusia pertama berasal dari debu tanah dan bersifat jasmani, manusia kedua berasal dari sorga.
  1Kor 15:48 
Makhluk-makhluk alamiah sama dengan dia yang berasal dari debu tanah dan makhluk-makhluk sorgawi sama dengan Dia yang berasal dari sorga.
  1Kor 15:49 
Sama seperti kita telah memakai rupa dari yang alamiah, demikian pula kita akan memakai rupa dari yang sorgawi.


Penjelasan Teks Alkitab :
1.    Manusia harus terlebih dahulu mati kemudian diberi tubuh baru oleh Allah (ay. 36-38)
2.    Allah memberikan tubuh yang berbeda untuk semua makhluk (ay. 39)
3.    Yang ditaburkan dalam kebinasaan adalah tubuh duniawi atau alamiah dan yang dibangkitkan dalam kemuliaan adalah tubuh surgawi atau rohaniah (ay. 43-44)
4.    Tubuh duniawi atau alamiah adalah Tubuh Adam pertama yang berasal dari tanah, tetapi model dari tubuh surgawi atau rohaniah adalah tubuh adam kedua, yaitu Yesus Kristus yang berasal dari surga (ay. 45-47). Maka seperti Adam pertama, manusia telah memakai tubuh duniawi atau alamiah selama hidup di dunia sampai mati dan sama seperti Adam kedua, yaitu Kristus, manusia akan memakai tubuh surgawi atau rohaniah ketika hidup di surga sesudah kebangkitan (ay. 48-49)

Pertanyaan Penuntun :
1.    Mengapa kita perlu menghargai dan menghormati tubuh?
Ajaran Kristiani menegaskan bahwa manusia bukan saja sebagai puncak Karya Penciptaan Allah dan diciptakan menurut gambar dan rupa Allah (bdk Kej 1: 26-28) tetapi juga bahwa manusia itu dijunjung lebih tinggi dengan inkarnasi dan penebusan Kristus. (bdk ay 45-49).
Kristus yang adalah putra Allah dan gambar Allah yang sempurna (Kol 1:15) merendahkan diri dan mengambil rupa manusia (Flp 2:6-8),mengangkat kodrat manusia sebagai anak-anak Allah dan menawarkan pengharapan akan keselamatan kepada umat manusia.
Kebangkitan Yesus dicatat dalam Mat 28:1-20, Mrk 16:1-20, Luk 24:1-54, Yoh 20:1-21 dan dapat juga dilihat dalam Kis 1:1-11, 10:39-43). Kebangkitan Kristus menjadi penting bagi kita karena memperlihatkan kepada kita mengenai kemuliaan tubuh, kebangkitan yang akan kita terima. Kebangkitan Kristus menyatakan bahwa sebagai hasil dari kebangkitan-Nya, semua yang percaya kepadanya akan mengalahkan maut (1 Kor 15:50-58)
Sementara itu, Evangelium Vitae meringkas inti ajaran katolik mengenai martabat hidup manusia sebagai berikut, “ Manusia diberi martabat yang sangat luhur, berdasarkan ikatan mesra yang mempersatukannya dengan Sang Pencipta: dalam diri manusia terpancarlah gambar Allah sendiri” (EV 34). Karena ikatan dengan Sang Pencipta itulah, manusia diberi kemampuan untuk berelasi dengan Allah, untuk mengerti baik dan buruk, agar dapat mengerjakan hal-hal yang baik dan mengambil tanggungjawab pribadi atas perbuatannya.
Lebih lanjut lagi dikatakan bahwa martabat hidup manusia itu dikaitkan bukan hanya dengan asal usulnya saja yang berasal dari Allah, tetapi juga dengan tujuan akhir hidupnya yaitu persatuan dengan Allah dalam pengetahuan dan kasih dengan-Nya(EV 38). Inilah yang membedakan manusia dengan ciptaan yang lain.

2.    Apa yang kita lakukan sebagai tindakan menghargai dan menghormati tubuh?
a.    Menjaga kebersihan tubuh
b.    Memelihara kebersihan lingkungan
c.     Menggunakan make-up, yang penting tidak menor
d.    Mengkonsumsi makanan sehat dengan pola makan berimbang dan menggunakan bahan makanan bebas dari pestisida
e.    Menghindari makanan instan
f.     Mengenakan pakaian yang pantas dan bersih

3.    Tindakan apa saja yang perlu dihindari yang sebenarnya merusak tubuh dan jiwa?
a.    Menggunakan alat kontrasepsi (menyangkut iman dan moral katolik), yang disarankan adalah menggunakan program Keluarga Berencana Alami
b.    Mengkonsumsi alcohol secara berlebihan, menggunakan narkoba
c.     Menerima sogok-korupsi
d.    Marah, dengki, membenci

Kesimpulan:

 Hidup kita berasal dari Allah maka harus dijaga, dipelihara, dirawat dan dilanjutkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar