#under_header{ margin:10px 0; padding:1%; width:98%; }

Rabu, 21 November 2012

Tahun Liturgi Gereja Katolik


Sudah dipenghujung tahun 2012, bulan November tepatnya. Banyak yang dapat dikatakan berhubungan dengan akhir bulan ini. Bukan hanya sebentar lagi bulan Desember, tapi juga banyak event yang akan datang.Salah satunya menanti Natal,acara penutupan tahun ‘n katanya ada acara reunian antar alumni sekolahku (SMA Katolik Makale).Yuhuuuiiii,,,, tak salah jika dikatakan bulan itu bulan penuh kebahagiaan. Menanti bulan itu datang dan mulai menghitung hari….
Tapi berbicara mengenai Natal,, artinya tahun liturgy pun hampir berakhir. Yupp,, bentar lagi tahun baru dalam penanggalan liturgy gereja katolik. Weits, mw tahun baruan neh, tapi seperti hanya orang2 tertentu yang akan menyadarinya bahkan dalam kepercayaanku itu.

Tahun liturgy berbeda dengan tahun Masehi yang dimulai pada tanggal 1 Januari nanti dan berakhir pada tanggal 31 Desember. Awal tahun liturgi dimulai pada Hari Minggu Adven I [akhir November – awal Desember], yang menantikan kedatangan Tuhan Yesus yang pertama. Akhir tahun liturgi jatuh pada Hari Raya Kristus Raja Semesta Alam [akhir November], yang merayakan kedatangan Tuhan Yesus yang kedua kalinya, yakni pada akhir zaman.Hal ini karena sepanjang tahun gereja merayakan penyelamatan Allah yang terwujud dalam kehidupan Yesus Kristus yang dinyatakan dalam daur perayaan yang kita sebut tahun liturgy atau tahun gereja.
Gereja membagi lingkaran tahun liturgy dalam 3 tahun berdasarkan Injil yang dibacakan yaitu tahun A (Injil Matius), tahun B (Injil Markus), dan tahun C (Injil Lukas) dimana Injil Yohanes diselipkan berdasarkan misteri iman yang dirayakan. Cara penentuan tahun A,B,dan C dengan membagi tahun dengan angka 3, jika hasil baginya 1 berarti tahun A,  jika hasil baginya 2 berati tahun B dan jika habis dibagi 3 artinya tahun C.
Dalam tahun liturgy,ada 2 lingkaran khusus yang menampilkan 2 peristiwa besar dalam riwayat Kristus, yakni:
Lingkaran Natal yang meliputi masa Adven dan masa Natal yakni peristiwa penjelmaan, kelahiran dan penampakan-Nya di tengah umat manusia.
Lingkaran Paskah yang berkisar pada sengsara, wafat dan kebangkitan Yesus dan inilah inti iman orang Kristen maka peristiwa misteri Paskah menjadi mahkota seluruh tahun liturgy.
Secara ringkas, urutan masa liturgy sepanjang tahun yaitu dibuka dengan masa Adven, masa Natal, masa biasa selama beberapa pecan. Pada sekitar akhir februari atau awal Maret, mulai masa Prapaskah yang dibuka dengan rabu Abu yang memuncak pada Trihari Suci. Masa ini dilanjutkan dengan masa Paskah yang berlangsung selama 50 hari sampai hari Pentakosta kemudian berlangsung kembali masa biasa.hingga akhirnya tahun liturgy ditutup dengan Hari RayaTuhan kita Yesus Kristus Raja Semesta Alam yang menandakan Yesus Kristus merajai seluruhnya.

dari berbagai sumber.......

1 komentar: